Selasa, 01 Mei 2012

Memaknai Demokrasi Lokal, Belajar Dari Lima Daerah


Perjalanan panjang perjuangan forum warga telah banyak memberikan jejak pembelajaran baik yang berhubungan dengan perjuangan hak-hak dasar, kebijakan publik, maupaun mata pencaharian, namun seringkali masih belum terdokumentasikan dengan baik dan sistimatis. Sehingga penyebaran  pembelajaran  masih terbatas dikalangan jaringan pegiat forum warga aktifis.

Buku ini merupakan pembelajaran dari 5  forum warga di 5 daerah yaitu di Kabupaten Kebumen Jawa Tengah , Kabupaten  Gunungkidul  Daerah Istimewa Yogyakarta, Kabupaten  Lombok Utara, Kota Manado Sulawesi Utara, dan Kota Palembang Sumatra Selatan.
Buku ini merupakan hasil riset tentang 5 forum warga tersebut yang diterbitkan oleh Kaukus 17++.
Kaukus 17++ sebagai simpul jaringan kerja nasional organisasi non pemerintah yang memiliki kesamaan cita-cita dengan mewujudkan kelembagaan masyarakat lokal melalui forum warga, mengambil peran untuk mendukung dan memyberi perhatian kepada Forum Warga dan mempromosikan  praktik demokrasi deliberative, juga sebagai penyedia layanan bagi Forum Warga untuk menjalankan proses demokrasi deliberative serta penyedia sumber daya bagi Forum Warga dalam memperjuangkan kedaulatan warga secara deliberative.

Buku dengan 204 halaman ini, hanya sebagaian kecil dari inisiatif pendampingan yang dilakukan oleh Kaukus 17++, tetapi diharapkan mampu memberikan pembelajaran bagi semua pihak, sehingga impian tentang pentingnya partisipasi kewargaan dalam proses demokrastisasi akan mendapat dukungan penguatan dan praktek-praktenyak bisa meluas.

Memaknai Demokrasi Lokal
Belajar dari Lima Daerah
Penulis                 : Suci Handayani, Imron Rosyid, Sholahudin Aly
Penerbit              :  Kaukus 17++
Tahun   terbit     : 2011

Tidak ada komentar: