Selasa, 06 September 2016

Berapa Lama Plat Nomor Motor Baru Keluar? Menyoal Kelangkaan Plat Nomor Kendaraan

Saat ini sudah ada kenyamanan bagi masyarakat yang mempunyaia kendaraan  baru.  Beberapa tahun yang lalu, setelah membeli kendearaan baru (misalnya motor baru), belum ada Surat Tanda nomor Kendaraan (STNK) dan plat nomornya. Sehingga biasanya pemilik kendaraan tersebut tidak berani mengendarai motor bari tersebut. Kalaupun berani,  Paling-paling hanya dipakai menempuh perjalanan jarak dekat saja.
Keliling komplek perumahan, ke jalan kecil , gang kecil atau kalau terpaksa ke jalan raya , ya nggak berani yang jauh. Ya, karena motor belum ada ada STNK juga plat nomornya. Alias masih kosongan.


Mau tidak mau cukup menyulitkan terutama bagi pemilik kendaraan baru. Maunya membeli kendaraan bisa langsung digunakan untuk menunjang kegiatan sehari-hari ,seperti bekerja atau melakukan kegiatan lainnya. Tetapi terpaksa  belum bisa karena kelengkapan berkendara belum ada. Setidaknya itu berdasarkan pengalaman saya tiga tahun yang lalu. 
\
Tetapi, saat ini Kepolisian Negara  Republik Indonesia telah mempermudah masyarakat penguna kendaraan bermotor. Saya tidak tahu persis kapan tepatnya, tetapi yang saya tahu, bulan Juli kemarin saat saya kebetulan membeli motor baru, sudah ada kelengkapan berkendara meskipun bersifat sementara. Kepolisian mengeluarkan Surat Tanda  Coba Kendaraan Bermotor (STCK) yang dilengkapi dengan plat no sementara.
STCK legal karena di atur dalam UU no 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Sebagaimana tercantum dalam pasal  69 UU No. 22 Tahun 2009, 

(1) Setiap Kendaraan Bermotor yang belum diregistrasi dapat  dioperasikan di Jalan untuk kepentingan tertentu dengan  dilengkapi Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor dan  Tanda Coba Nomor Kendaraan Bermotor.
(2) Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor dan Tanda Coba Nomor Kendaraan Bermotor sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diberikan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia kepada badan usaha di bidang penjualan, pembuatan, perakitan, atau impor Kendaraan Bermotor.
Dalam STCK, tertulis nomor registrasi atau nama pemilik kendaraan sesuai dengan nama yang tercantum dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP) , nama penanggungjawab yaitu nama dealer yang menjual kendaraan, nama badan usaha, juga alamat badan usaha tersebut. Di dalam STCK juga menerangkan  tahun pembuatan motor, no rangka dan no mesin.
STCK tersebut memang cukup membantu para pemilik kendaraan  baru, karena di hari yang sama saat membeli, sudah bisa mengendarai kendaraan bermotor kemana saja, karena sudah ada surat kelengkapan beserta plat nomor motor sementara. Dengan STCK tersebut, pemilik tidak lagi was-was dan nyaman berkendara tanpa takut kena tilang.

STCK   Hanya Berlaku Sebulan
Hanya sayangnya, STCK berlaku hanya untuk satu bulan. Otomatis, jika setelah lewat satu bulan, belum ada STNK asli beserta plat nomor asli, pemilik kendaraan dihampiri rasa was-was juga.
Seperti pengalaman saya, saat membeli motor bulan Juli yang lalu, saya mendapatkan informasi jika STNK asli maximal sudah ditangan dalam 3 minggu, demikian juga dengan plat nomornya.  Memang, STNK asli sudah keluar tidak sampai dua minggu dari tanggal pembelian, tetapi plat nomor belum ada. Bahkan hingga satu bulan persis  plat nomor sementara sudah habis masa berlakunya, plat nomor asli belum kunjung jadi.

 Berkali-kali saya menanyakan kepada marketing yang bekerja di dealer  tempat membeli motor saya (dealer Yamaha di kota Solo), tetapi jawabnya belum jadi. Ketika saya tanyakan kenapa lama, sementara STCK saya sudah habis masa berlakunya, hanya di jawab, “memang lama , Bu.”  Ketika saya desak penyebabnya, ia tetap bilang yang sama,” memang lama, Bu”.

Bahkan dengan entengnya, marketing tersebut menyarankan saya untuk melanggar UU Lalu lintas dengan mengatakan untuk membuat plat nomor sendiri berdasarkan STNK asli. 
Saya heran sekaligus penasaran karena dulu saat membeli motor baru, dalam tiga minggu STNK asli dan plat nomor sudah keluar. Kenapa yang ini lama sekali?

Tidak puas mendapatkan jawaban pihak dealer  tersebut, saya telpon ke Samsat Sukoharjo dan Solo. Petugas di kedua Samsat mengatakan tidak bisa memastikan plat nomor itu jadi dalam waktu berapa minggu karena tergantung stok material/ bahannya (bahan pembuat plat) yang ada di kantor. Dan kebetulan bahan tersebut sudah habis dan belum mendapatkan kiriman dari Mabes Polri. Ketika saya tanyakan solusinya karena STCK saya  besok sudah habis masa berlakunya, petugas Samsat   mengatakan kalau saya bisa membuat plat nomor dari luar saja disesuaikan dengan STNK yang sudah saya terima.

Saya sempat terkejut dengan jawaban tersebut. Pikir saya, apa gunanya memberikan STCK yang berlaku selama sebulan, sementara setelah sebulan  kelengkapan berkendara (plat Nomor) yang asli belum turun?
Logikanya, ketika STCK diberikan untuk kurun waktu satu bulan, sebelum sebulan sudah ada kelengkapan berkendara seperti STNK dan plat nomor. Lha, lantas untuk apa ada masa berlaku STCK jika setelah lewat sebulan tidak ada kelengkapan asli dari Polri?

Saya di Minta Melanggar Undang-Undang
Saya mencoba menyakan kepada dealer dan Samsat apakah STCK bisa diperpanjang mengingat belum keluarnya plat nomor asli dari kepolisian. Keduanya mengatakan hal yang sama, bahwa STCK hanya berlaku dalam kurun waktu satu bulan. Kemudian keduanya juga menyarankan kalau lebih baik saya memesan plat nomor diluar agar lebih nyaman berkendara.

What????
Sebenarnya bukan masalah tidak mau pesan plat nomer di luar. Toh banyak sekali penjual jasa  bikin plat nomor yang ada di Kota Solo, pun harganya juga terjangkau. Tetapi yang saya pikirkan adalah kenapa justru petugas menyarankan saya melanggar Undang-Undang?

Saya coba browsing dan menemukan  pasal ini, sesuai dengan  Pasal 288 UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (“UULLAJ”) disebutkan bahwa:
“Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang tidak dilengkapi dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor yang ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (5) huruf a dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).”

Serta Pasal 280 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (“UULLAJ”) Bahwa :
“Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang tidak dipasangi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor yang ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 68 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).”

 Jikalau saya memesan plat nomor dan memasangnya, bisa dikatakan saya telah melanggar pasal 280, karena berkendara tidak dilengkapi dengan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor yang ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Apakah memang dalam kondisi terjadi kelangkaan material/bahan pembuat plat nomor, terus  masyarakat boleh melanggar Undang-Undang?  Apakah dibenarkan peraturan yang dibuat  untuk dilanggar?
Apakah tidak lebih baik jika mengunakan plat nomor sementara sesuai dengan STCK  yang dikeluarkan Kepolisian Negara Republik Indonesia, dengan tetap memegang STNK asli. Daripada membuat plat nomor bodong/palsu yang bukan keluaran resmi dari pihak berwenang?
Ah entahlah.

_Solo, 26 Agustus 2016_

61 komentar:

Rifky Wijaksana mengatakan...

saya saja dari tahun 2013 sampe sekarang belum dapet plat no yang asli

Unknown mengatakan...

Indahnya bumi merdeka, sudah 70 tahunan pula..

Unknown mengatakan...

Gwe bingung nih baru pertama kali ngalami terus gk bisa di bawa jauh2 emng sih cman karna ssnya kira2 brph hari jadinya ya

Um mengatakan...

Gw juga bingung nih, tgl 3 feb motor udh dianter, tp smpe skrg plat dan stnk belum dikirim pula. Udah sebulan,alasan nya ktn awal tahub, dan yg blm dikirim jg banyak, nnti sy kabarin. Begitu kta org leasing nya. Mnurut kalian gmn?

nasKLENK¹³ mengatakan...

Kenapa harus lama?
Motor saya sudah satu bulan ini. . Tp saya telpon daler nya mreka bilang nelum jadi STNKnya. Belum jadi atau emang belum dikerjakan? Satu bulan lohhh... .

Trie Muningsih mengatakan...

Motor ku udah hampir 6 bulan, belum ada tanda-tanda stnk nya keluar.. kenapa selama ini ? apa harus bikin surat perjanjian dulu biar dipercepat pengurusannya ? atau balikin aja tuh motor karna gak ada surat-surat nya.. kesel bangettt.. sales nya juga pelayanannya jelek banget..

Unknown mengatakan...

Hahhaa aneh.. trus motrnya di pakai buat apa.?
Apa cuma di cuci di selimutin di bungkus lagi..? Di pajang di depan rumah..?
Kalo saya dah hbs kesabaran saya tgglkan kunci dan motrnya depan dealer.. itu sales dealernya kurang dapat komisnya kali..

Unknown mengatakan...

Menurut aku ya ga tahu deh..
Itu orang dealer dan salesnya kurang ada hub dekat dengan dispenda dan kepolisian..
Jdi ya di nomer sekiankan.. hehe..

Unknown mengatakan...

Saya sendri bingung.. lol.. kredit motr pertama datang stnk 1 mnggu.. yg kedua 10 hari..
Ini yg ketga.. kataya 3 minggu.. sdh 3 mnggu blm jdi juga..
Motr ga bisa di pakai kemana2..
Trus tiba2 dr finance telp jatuh tempo..
Kapan saya make motrnya tiba2 sdh jatuh tempo.. betapa dongkol hati saya dengan sytem begin.
Ohh indonesiaku..
Smp kapan birokrasi bobrok sprti ini..

Pande putu mengatakan...

Nyesel gua nyari tau kapan stnk sama plat turun di goolge wkwk, jadi syedih bacanya, soalnya takut ngalamin hal serupa :(((

Unknown mengatakan...

Aneh sekali gan masa iya kita di suruh melanggar peraturan. Stnk sama plat nya saya belum jadi gan, udah 3 bulan. Barang mahal soal nya, coba brang 500 gak bakal pusing ane

Unknown mengatakan...

Ane di janjiin turun STNK plus platnya katanya 14 hari kerja sabtu minggu ga di itung tgl motor turun 4 mei berarti kira2 3 mingguan baru keluar cuman lama sekali takut ngalamin hal serupa

Anonim mengatakan...

sama kayak saya udah 4 minggu stnk sama plat nomornya belum keluar. salesnya malah bilang setiap di tanya adminnya gak masuk atau dianya yg ga masuk. dealer ivan djaja motor cibubur

Anonim mengatakan...

Untuk kedepan nya. Harus ada perjanjian tertulis. Isinya lama pembuatan stnk dan plat nomer. Apabila tidak terpenuhi harus kena sangsi.

Unknown mengatakan...

Wah gua baru beli motor d deler sini,wah gimana nih,lu udah dapet?

Anonim mengatakan...

sama pak.. saya dari dealer di janjikan 14 hari kerja. tp pas saya tanya lagi katanya 1 bln. sementara tagihan di hitung dr unit diterima.

TasKu.com mengatakan...

kira2 bisa ga ya, kalau kita datengi sendiri ke samsat ? di urus sendiri ?

Unknown mengatakan...

Mungkin dari pihak dealernya kali ya yg lamban. Tiap hari cuma liatin motor aja sama bersihin. Makenya kapan? 45 hari 😣

Unknown mengatakan...

Kalo bpkb bisanya jadinya kapan gaes?

Unknown mengatakan...

Plat motor saya juga belom jadi, udah ada setahun, kalo di tnyain ke dealer nya kata nya dari Samsat nya yg lama, entah knp bisa lama begitu

Anonim mengatakan...

Saya sudah setahun persis di Agustus 2018 ini plat sepeda motor belum jadi, saya tanyakan katanya belum ada/belum jadi. Yang membuat heran, saudara saya yang beli dibulan Februari 2018 sudah jadi plat nomornya...
Aku kudu piye nek ngono ndan...

Unknown mengatakan...

Saya juga udh 2 blan lbih stnk sma plat nomor ny blom jdi jga tiap tnya dealer nyah ktanya msih dlm proses msa smpe slama itu proses ny bikes aja tuh

Unknown mengatakan...

Kalo boleh tau tempat ngambil platnya dimana ya gan? Di samsatnya atau ditempat dealernya?

Rizky mengatakan...

Waduh, pertama saya beli 1 minggu jadi. Yang sekarang lumayan lama. Pandangan saya beda dealer, beda waktunya. Pernah saya di tawarkan buat bayar sejumlah uang, dgn janji akan jadi dlm waktu 1 minggu

Unknown mengatakan...

Gua beli th 2013 gua jual motorny th 2018 belum pernah liat plat asliny. Gara2 tiap mau ambil katanya belum jadi ampe 8 bulan

Unknown mengatakan...

kalo udah kena pasal siapa yang mau disalahkan, sementara kita butuh motor buat kerja.. pegawai lelet emang.. kesel

Unknown mengatakan...

janji 2mgu.ternyata gk kelar sampai berbulan2.kalo ambilnya credit gak usah di setorin gan.biar lesingnya kepusingan nagih juga.hahaha

Unknown mengatakan...

Kalo untu plat nomor kendaraan,di pinggir jalan bnyk jg koq yg stock plat no yg sama persis seperti disamsat, baik dr ukurannya maupun logo polri nya..mungkin plat nomor seperti itu yg dimaksud orang samsatnya.

Unknown mengatakan...

Sama q juga ambil motor sampai sekarang udah 1 bulanan juga belum ada kabar juga.........sebenernya nixh yg lamban pihak dealer apa pihak samsatnya yaa?

Unknown mengatakan...

saya aj udah 2 minggu stnk lom datang klw.saya simple aja motor mau saya balikin lagi deler dan dp saya ambil lg krn tdk sesuai perjanjian awal

Unknown mengatakan...

Sama bro...
Saya baru beli motor cash
Tidak kredit...
Tapi sudah 1 bulan stnknya blum kluar...
Tlpon ke shorum ktanya lg di proses

Unknown mengatakan...

Sama saya jg udah 3 minggu belum jadi jadi kesel padahal saya butuh buat pakai kerja

Unknown mengatakan...

Aku motor gak ada plat tak buat muter2 kalo di tilang y orang dialer suruh ambil.

Unknown mengatakan...

Saya mau tanya..
Saya kan baru beli motor baru datang tgl 12 jan.. tp sampai sekarang blm kluar.. bener ga kalau saya bayar cicilan motor dulu seblm plat sama STNK kluar.. soalnya ada yg bilang "klau telat bayar takut nya kenak denda"

Unknown mengatakan...

Ini km sudah bayar perbulannya ndak

Unknown mengatakan...

Ini km sudah bayar perbulannya ndak

Unknown mengatakan...

Sama saya jugaa dari desember 2018 sampai sekarang belom keluar plat nomer nya hadehh

Miss Evelyn mengatakan...

Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
francasmithloancompany@gmail.com)

Erna mengatakan...

Saya baru saja ambil motor tgl 28 januari secara kredit,tgl 15 februari stnk sama plat sudah jadi,tp kenapa ada biaya tambahan bbn,padahal belinya baru bukan bekas

Anonim mengatakan...

biaya bbn biasanya motor mba keluaran baru tahun 2019

Unknown mengatakan...

La wong ngurus KTP,SIM,bayar pajak motor,ganti plat motor..di jaman now sekarang ne.. walaahh super cepat..tp kenapa motor baru plat baru ruwet..pasti gk beres..

Raider mengatakan...

Humm perjanjian sama dealer.. 3 Minggu.. Padahal wes 3 minggu. Gg jadi jadi plat nya. Stnk jya gg ada. Gmna seh.. Bikin orang kesal aja. Terlalu lama.. Ntar lek di bawak ke kota Kenak tilang. . Yak apa. Hadehhhh..

Raider mengatakan...

Humm perjanjian sama dealer.. 3 Minggu.. Padahal wes 3 minggu. Gg jadi jadi plat nya. Stnk jya gg ada. Gmna seh.. Bikin orang kesal aja. Terlalu lama.. Ntar lek di bawak ke kota Kenak tilang. . Yak apa. Hadehhhh..

Lady Lianmey mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati mendapatkan pinjaman di internet, jadi banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. menipu Anda dengan uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya Tentang menabrak karena hutang.

Sebagai pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan itu adalah PERUSAHAAN PINJAMAN DUNIA. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

Ya Tuhan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman seperti itu, memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan yang dapat dipercaya di mana Mrs. Soledad And Perpetual bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, Dan setelah mereka selesai memverifikasi detail saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon, dan mungkin ini adalah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya terpana. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah 1% tanpa jaminan.

Saya sangat senang bahwa ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari membuat bisnis saya melonjak di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. tahu tentang perusahaan fashion.

Jadi saya menyarankan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk menghubungi
Ibu Soledad melalui email: (promisesoledadloancompany@gmail.com) Dan (Perpetualsmithloancompany@gmail.com)

Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (lianmeylady@gmail.com). Ini adalah nomor WhatsApp ibu baik +15614916019

Terima kasih sekali lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kami dan memberi kami kehidupan yang panjang dan makmur dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.

Unknown mengatakan...

Skarang mah klo gak pake uang plus3 mana bisa dibikinin..
Temen aku kredit motor sama dgn aku surat jalan sama plat udah kluar sdangkan aku blum.
Aku tanya ke temen aku knp dia bisa cepet sdangkan aku gak eh tau2 nya dia diminta pihak dialer kasih uang plus biar dkerjain cepet

Unknown mengatakan...

Hadeh mndingan jgn jdi dealer mtr klo gabecus

Unknown mengatakan...

Mndingan dibalikin aja mtrnya, complaint ke dealer

alida mengatakan...

Nama saya Reni Alida, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati, karena ada penipuan dan perusahaan pinjaman palsu di mana-mana, mereka akan mengirimkan dokumen perjanjian pinjaman palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah penipuan, karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya ditipu oleh beberapa perusahaan pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Elizebeth Isaac Loan Company, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp.600.000,00 (600 ribu) dalam waktu kurang dari 24 jam dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, jangan ragu-ragu, silakan hubungi dia melalui email nyata: Elizebethisaacloancompany@gmail.com dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi syarat dan ketentuannya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: renialida@gmail.com. Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening mereka setiap bulan.

Mohammad Ismali mengatakan...

kesaksian nyata dan kabar baik !!!

Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.com
dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

Unknown mengatakan...

Keluarga saya bulan ini barusaja beli kendaraan tp tidak ada STCK kata petugas dealer satu Minggu lagi diberikan surat jalan tp saya kurang paham yg dimaksud petugas dealer tadi STNK atau bukan

Lady Lianmey mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati mendapatkan pinjaman di internet, jadi banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. menipu Anda dengan uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya Tentang menabrak karena hutang.

Sebagai pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan itu adalah PERUSAHAAN PINJAMAN DUNIA. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

Ya Tuhan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman itu, memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan yang dapat dipercaya di mana Mrs. Christabel bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, Dan setelah itu mereka selesai memverifikasi perincian saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon, dan mungkin ini adalah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya terpana. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah 1% tanpa jaminan.

Saya sangat senang bahwa ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat dari membuat bisnis saya melonjak di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. tahu tentang perusahaan fashion.

Jadi saya menyarankan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk menghubungi
ibu christabel melalui email: (christabelloancompany@gmail.com)

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (lianmeylady@gmail.com) dan Sety memperkenalkan dan berbicara tentang christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui emailnya: permatabudiwati@gmail.com Sekarang, semua Yang akan saya lakukan adalah berusaha memenuhi pembayaran pinjaman yang saya kirimkan langsung ke akun mereka setiap bulan.

Sepatah kata untuk orang bijak sudah cukup

Terima kasih sekali lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang dan kehidupan yang makmur dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.

Lady Lianmey mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati mendapatkan pinjaman di internet, jadi banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. menipu Anda dengan uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya Tentang menabrak karena hutang.

Sebagai pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan itu adalah PERUSAHAAN PINJAMAN DUNIA. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

Ya Tuhan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman itu, memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan yang dapat dipercaya di mana Mrs. Christabel bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, Dan setelah itu mereka selesai memverifikasi perincian saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon, dan mungkin ini adalah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya terpana. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah 1% tanpa jaminan.

Saya sangat senang bahwa ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat dari membuat bisnis saya melonjak di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. tahu tentang perusahaan fashion.

Jadi saya menyarankan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk menghubungi
ibu christabel melalui email: (christabelloancompany@gmail.com)

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (lianmeylady@gmail.com) dan Sety memperkenalkan dan berbicara tentang christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui emailnya: permatabudiwati@gmail.com Sekarang, semua Yang akan saya lakukan adalah berusaha memenuhi pembayaran pinjaman yang saya kirimkan langsung ke akun mereka setiap bulan.

Sepatah kata untuk orang bijak sudah cukup

Terima kasih sekali lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang dan kehidupan yang makmur dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.

Miss Evelyn mengatakan...

Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
telah diselesaikan, sekarang saya ) memiliki nilai yang sangat besar dan
usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
francasmithloancompany@gmail.com)

Miss Evelyn mengatakan...

Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
telah diselesaikan, sekarang saya ) memiliki nilai yang sangat besar dan
usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
francasmithloancompany@gmail.com)

Anonim mengatakan...

Saya beli tgl 24 juli sudah hampir satu bulan alias tgl 19 agustus pun blom jadi stnk dan plat... saya butuh stnk kalo plat sudah dikasih saya bs bikin di pinggir jalan...lah stnk aja susah terbitin gimana indonesia merdeka 74th.... bahkan dari deler ga ada tuh plat sementara supaya motor bs dipake dijalan legal

Unknown mengatakan...

Bener banget balikin aja,buat apa punya speda motor,kalau cuma dipajang,samperin ke dealer.aku juga gitu gue tantang ,setalh 2 hari baru siap..wkwkw...coba gan,digass dikit..biar kapok

Unknown mengatakan...

Ini udh 3minggu plat dan stnk blm turun jg hadehhj

Unknown mengatakan...

Bisa

Unknown mengatakan...

Awal Desember aku baru beli motor baru cash . Katanya STNK dan plat nya 14 hari kerja baru turun . Ini udah 3minggu belom turun juga . Sebenernya hari Sabtu Minggu dan tanggal merah diitung hari kerja ga sih?

Ubaidillah Jacko mengatakan...

Saya januari tgl 10 ambil motor baru dan sampai tgl 4 februari belum jadi plat sama stnk katanya 2 bulan padahal kalau pajak tahunan dan 5 tahunan di samsat sleman 1 hari jadi dan lengkap sama plat masa motor baru lama kampret emang dealer dan saya tanya samsat katanya belum sampai

Indalh Harum mengatakan...

Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM , Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, maka saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya curang dan saya kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM, Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya menipu dan kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan Pemberi pinjaman karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya, Harum kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. LASSA JIM, seorang pemberi pinjaman di sebuah perusahaan bernama ACCESS LOAN FIRM sehingga teman saya meminta saya untuk melamar ibu LASSA, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ms. LASSA.
Saya mengajukan pinjaman 2 miliar rupiah dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan keamanan untuk transfer pinjaman yang baru saja saya katakan kepada dapatkan perjanjian lisensi, aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam pinjaman itu disetorkan ke rekening bank saya.
Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 2 miliar. Saya sangat senang bahwa Tuhan akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga Tuhan memberkati Mrs. LASSA JIM untuk membuat hidup saya lebih mudah, jadi saya sarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LASSA melalui email: lassajimloancompany@gmail.com

Anda juga dapat menghubungi nomor JIM ibu LASSA whatsApp +1(301)969-1955.

Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya adalah INDALH HARUM, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: Indalhharum@gmail.com