Senin, 19 Maret 2012

Setidaknya saya pernah berkarya....

Tadi sore waktu saya membenahi koran bekas dan buku-buku di almari, tanpa segaja saya menemukan map kuning plastik yang ketika saya buka berisi arsip puisi, cerpen, guntingan artikel saya yang di muat di media massa. Olala ternyata banyak juga karya saya, puisi lebih dari 30 judul, cerpen lebih dari 10 judul (beberapa di muat di koran lokal), artikel lumayan banyak baik yang sudah di muat di koran lokal maupun yang sudah saya print tetapi di tolak koran.

Saya tersenyum mengingat dahulu rajin berkarya menulis fiksi maupun non fiksi, tetapi bertahun -tahun ini saya tidak lagi berkarya. Saya teringat , dengan karya saya dulu bisa membuat saya kreatif dan belajar terus untuk berpikir dan mengaktualisasikan diri selain bisa mendapatkan sejumlah uang sebagai honor dari tulisn saya. Saya baru menyadari (gubrak.....terlambat ya...) ternnyata begitu banyak kehilangan waktu dan begitu banyak membuang waktu tanpa berkarya. Betapa bodohnya saya karena lama tak menulis, lama tak berkarya. Tulisan terakhir saya dengan menulis buku bersama teman-teman pada tahun lalu (buku Mozaik demokrasi, Kaukus 17++), tetapi jauh bertahun-tahun sejak menulis buku tahun 2006, ternyata saya tak berkarya lagi. Saya malu juga, karena sejak sekitar 3 tahun lalu, suami sudah mendorong saya nulis lagi, tapi saya alasan saja (paling tidak ngisi blog keluarga kami di tigacinta.blogspot.com , tetapi saya malas sekali. hanya suami dan anak-anak yang rajin ngisi. Saya hanya suka baca saja, juga baca blog suami di ninohistiraludin.blogspot.com). Hiks...hiks......malu saya.....

Waduh, sayang sekali file-filesoftcopy  tulisan saya dulu yang tersimpan di map kuning ini , tak ada lagi. tentu saja sudah hilang karena dulu saya ngetik di komputer kantor yang sudah lama komputer rusak, dan celakanya dulu file saya tersimpan di disket (blom ada flasdisk) yang disketnya nggak tahu di mana(tapi kalaupun ada, apakah masih ada komputer yg pake disket?). Untung saja masih ada arsip yg saya simpan, lumayan untuk pengingat kalau saya pernah berkarya.

Mudah-mudahan, saya sekarang mulai mau berkarya lagi, meski hanya sekedar rangkaian kata-kata yang bisa  saya simpan di Blog saya. Paling tidak untuk pengingat saya sendiri mengenai pengalaman dan hal-hal yang mungkin suatu saat akan bermanfaat bagi saya, juga kelak bagi anak-anak.

1 komentar:

bombenk mengatakan...

copot harddisknya...dan ambil datanya...