Rabu, 15 April 2015

Menikmati Durian Manis Di Pantai Losari Ambon

Jalan-jalan ke Ambon.
Keindahan pantai menjelang senja (dok. Suci)



Bagi penikmat durian,  tak salah jika mampir ke Pantai Losari Mardika Ambon. Di lokasi inilah setiap malam warga merasakan  nikmatnya durian manis di padu dengan bau yang ehm enak sekali. Berderet pedagang  durian memenuhi  trotoar jalan dan mengambil sebagian jalan untuk tempat  duduk-duduk para penikmat durian. 
Pembeli bebas memilih dan menawar durian yang ditawarkan pedagang (dok. Suci)


 Pantai Losari  Ambon terletak di sebelah taman Victoria yang biasa dipergunakan warga untuk bersantai. Entah mengapa di sebut pantai Losari, karena biasanya orang akan menebak pantai Losari itu di Makasar. Menurut beberepa orang, nama pantai Losari ini  karena  pemandangan pantainya mirip dengan Losari-nya Makasar.

Hampir sepanjang malam, mobil bak terbuka membawa durian yang disetorkan kepada para penjual.  Mereka pedagang yang membeli durian dari petani langsung di Ambon.  Sebagian petani yang membawanya langsung ke kota.  Selain membawa durin,  pedagang juga membawa buah pisang yang terkenal pisang berukuran besar  dan rasanya enak. Stok durian nyaris tidak pernah habis karena pasokan selalu datang. Ukuran durian besar, sedang sampai yang kecil tersedia, tinggal memilih mana yang sesuai selera. Rata-rata durian manis semua  dengan  bau yang membuat air liur menetes. Meskipun saya bukan pengemar durian tetapi melihat durian yang ranum dan berbau harum tak ayal membuat saya terpesona.

Setiap malam pedagang memasok durian  (dok. Suci)
Harga durian juga termasuk murah. Durian ukuran besar hanya di jula Rp 20.000, sementara yang sedang bisa Rp 15.000. Bagi yang tidak bisa memilih durina yang manis dan enak, tidak perlu khawatir karena pedagang jujur-jujur bisa memilihkan durian yang enak dan nikmat.
Bagi yang tidak suka durian, ada juga beberapa buah lokal lainnya yang dijual pedagang lapak. Langsa Ambon yang terkenal  besar dan manis, apel, jeruk bisa menjadi pilihan. Silahkan memilih seseuai dengan selera dengan harga terjangkau. Untuk urusan minum, tak perlu risau, banyak minuman mineral tersedia. Pokoknya tinggal datang dan melahap durian manis semanis ambon manise.***

Tidak ada komentar: