Jumat, 03 April 2015

Kemeriahan Festival Kuliner Di Solo

Festival kuliner Solo kembali di gelar.
Tadi malam  pembukaan Solo Indonesia Culinary Festival 2015  yang digelar di halaman Benteng Vastenburg Solo.  Agenda tahunan  kali ini   mengambil tema  kuliner tradisional. Festival kuliner yang akan berlangsung selama  3 hari  dari tanggal 2-5 April ini  diikuti sekitar 105  peserta  dari pelaku bisnis kuliner, usaha kecil menengah (UKM) dan sejumlah perwakilan hotel di Solo . 
Pengunjung antusias di Festival kuliner (dok. Suci)
 
Selain pelaku kuliner dari Kota Solo dan sekitarnya, kali ini festival juga diikuti peserta dari Sumatra dan Kalimantan
Ribuan orang memadati arena festival, meramaikan stan-stan makanan yang sekitar 60% diisi makanan tradisional seperti sata gembus, kue putu, dawet gempol,  soto gerabah, dll dan 40% sisanya masakan komtemporer hasil  modifikasi dan makanan ala hotel.


Kami di depan Benteng Vastenburg (dok. Suci)

Kami datang sekitar pukul 20.00, saat acara pembukaan sudah lewat. Tetapi pengunjung masih padat, menikmati aneka makanan yang di sajikan. Di beberapa stan tampak pengunjung  rela antri cukup panjang hanya untuk menikmati kuliner yang disajikan. 
Salah satu stan makanan (dok. Suci)

Dengan mudah kami menemukan aneka macam menu baik yang olahan hotel, rumah makan , pedagang kaki lima  maupun pedagang yang biasa keluar masuk perumahan.   Penataan stan cukup diperhatikan oleh peserta terutama peserta dari hotel di Solo. Peralatan yang dibawa benar-benar peralatan hotel dengan aneka makanan yang terlihat mengiurkan.  Sementara untuk stan makanan tradisional  kelihatan diupayakan ditata dengan baik meskipun tidak semenarik stan dari hotel. Pedagang kaki lima sebagian juga tidak menggunakan stan khusus tetapi mengelar dagangan dengan menggunakan gerobak dorong/sepeda di halaman depan stan resmi.
Harga yang ditawarkan agak sedikit mahal dari biasanya (dok. Suci)
Salah satu kue tradisional juga ditawarkan (dok. Suci)

Harga-harga yang ditawarkan cukup menarik. Untuk ukuran makanan ala hotel ditawarkan cukup miring dibandingkan ketika kita membeli di hotel. Tetapi untuk makanan tradisional ada sedikit kenaikan harga.  Tetapi secara umum masih wajar dan terjangkau.
Festival ini akan berakhir hari Minggu 5/4, bila masih ada waktu silahkan berkunjung ke Solo, sekalian menikmati kegagahan Benteng Vastenburg Solo.***

Tidak ada komentar: