Sabtu, 16 Maret 2013

Kamus warga

Beberapa hal yang sering kita dengar, barangkali butuh penjelasan lebih detail akan saya tampilkan secara rutin di sini berdasarkan abjad


Akuntabilitas
:
1.      Usaha instansi pemerintah dalam memperoleh kepercayaan dari warga dengan memperlihatkan umpan balik sebagai wujud pelayanan atas penghasilan yang yang diberikan warga.
2.   Prinsip tanggung gugat dalam pengelolaan keuangan negara. Intinya adalah bagaimana pengelolaan keuangan negara dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat (publik) sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi dan peraturan perundangan yang berlaku.
Akuntabilitas  kinerja
:
Perwujudan dari instansi pemerintah untuk mempertanggungjawabkan keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan misi organisasi dalam mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan melalui alat pertanggungjawaban yang dilakukan secara periodik.
 Alokasi  anggaran
:
Besaran anggaran yang akan atau telah digunakan untuk membiayai kegiatan sektor, sub sektor, program atau kegiatan bidang tertentu, dan merupakan bagian dari belanja negara / daerah, yang bersifat rutin dan pembangunan.
Alur Kerja Analisis Gen Gender (AKAG)
:
Salah satu alat analisis gender yang dapat digunakan untuk membantu para perencana dalam melakukan pengarusutamaan gender dalam perencanaan kebijakan, program, proyek, dan atau kegiatan pembangunan.
Analisis  anggaran
:
Analisis terhadap struktur, format dan alokasi anggaran berdasarkan prinsip-prinsip transparansi, akuntabilitas dan keadaan sosial.
Analisis  biaya
:
Evaluasi ekstensif atas informasi biaya yang dihasilkan dari sistem akuntansi biaya atau perkiraan biaya.

Tidak ada komentar: