Senin, 08 Februari 2016

Berhenti Langganan IndiHoem, Siap-siap Telepon Rumah di Putus

Lebih dari empat tahun yang lalu, kami berlangganan internet, dengan biaya perbulannya ditambah pajak Rp 330.000. Tidak memberatkan karena interbet dipakai tujuh rumah, rumah kami dan tetangga. Karena rumah saling berhimpitan, jadi kabel dari rumah kami tidak butuh yang panjang.

Setiap rumah, waktu itu membayar iuran Rp 50.000/bulan. Kebetulan rumah kami digunakan sebagai server.  


 Dua tahun yang lalu, kami beralih mengambil paket indihome  dengan biaya perbulannya Rp 385 ribu termasuk gratis pengunaan telpon local dan interlokal, kecuali pemakaian HP.

Pertengahan tahun 2015, lebih dari 3 kali pihak Telkom menawarkan  kami untuk mengambil layanan paket baru yang diluncurkan awal tahun 2015, yaitu paket baru layanan Indihome Fiber Triple Play. Menurut marketingnya,   jika mengambil paket tersebut, Telkom memberikan layanan triple play diantaranya ‘Internet hingga 100Mbps, Tv Interaktiv UseTB, dan telpon rumah gratis selama 1.000 menit/bulan.

Pihak Telkom merayu’ dengan mengatakan ‘seolah-olah’ kami ini pelanggan istimewa karena katanya tidak semua  pelanggan ditawari paket tersebut. Makanya kami rugi kalau tidak mengambilnya.
Tetapi di lain waktu saya mencoba tanya-tanya ke tetangga perumahan, ternyata mereka yang sudah memasang internet juga di tawari paket yang sama. Hehe, kesimpulan saya, marketing tidak jujur saat menawarkan paket tersebut. 

Tentunya sekilas, tawaran paket baru ini memang sangat menarik dan kompetitif karena memberikan layanan triple play yang terdiri dari internet kecepatan tinggi plus tawaran TV interaktif dengan label UseeTV yang memiliki  69  channel favorit  plus  telepon rumah local dan interlokal gratis.
Tetapi, suami kurang sepakat untuk mengambil paket tersebut, dengan alasan utama  TV kabel diperkirakan  tidak cukup bermanfaat bagi kami, terutama cukup menganggu belajar anak-anak.  Selain alasan tersebut, paket  Indihome Fiber Triple Play membutuhkan biaya Rp 440.000/bulan (sudah ditambah pajak). Ya, kami tentu tidak enak karena  harus membebani iuran perrumah, selain juga fasilitas TV kabel hanya rumah kami yang bisa mengaksesnya.

Sepanjang  bulan Januari –Februari 2016, sudah dua kali pihak Telkom telpon dan menawarkan paket yang sama. Lagi, lagi mereka (marketing) bilang no kami menjadi pilihan karena tidak semua pelanggan ditawari paket menarik tersebut.
Lagi-lagi, kami belum tertarik untuk berpindah ke paket yang ditawarkan.

Sore  (Selasa, 2/2/2016), saya iseng-iseng mencoba telpeon ke 147 untuk memperjelas paket Indihome Fiber Triple Play. Karena selama 5 kali ditawari marketing, mereka  hanya memberikan penjelasan yang  asyik-asyik saja, maka saya tadi tanya tentang  resiko jika saya berhenti berlangganan paket indihome tersebut.
Saya diterima pertugas yang mengaku bernama Dodi, dan ia menjelaskan bahwa jika pelanggan berhenti langganan salah satu ( misalnya memutuskan berhenti  langganan internet atau tv kabel) ternyata secara otomatis ketiganya juga berhenti. Artinya karena 3 hal tersebut satu paket, maka otomatis saat saya berhenti langganan tv kabel, maka internet, tv kabel dan no telpon rumah juga di cabut.

Nah , lho?
“Kok bisa mas? Padahal kan saya hanya berhenti salah satu saja?” tanya saya.
“Ya, kebijakan paket triple play memang seperti itu, Bu.” Jawabnya
“Mas, kenapa marketing yang telpon saya,  tidak pernah menerangkan resiko tersebut? Padahal yang telpon ganti-ganti,” kata saya penasaran.
“Siapa nama marketingnya, Bu?”
“Wah, saya lupa mas. Tapi yang jelas perempuan dan berbeda-beda. “ jelas saya.
“Harusnya diterangkan , Bu. Jadi memang itu satu paket.” Jelasnya lagi.

Waduh, kalau marketing tidak pernah memberikan penjelasan resiko seperti yang disampaikan Mas Dodi tersebut, alhasil akan banyak pelanggan yang kecolongan . Ya, kalau seterusnya pakai ketiga layanan tersebut, lha kalau salah satu nggak kepake dan mau berhenti, lha cilaka.
Satu lagi, misalnya mau pindah rumah, selama berjarak sekitar 200 meter dari rumah lama, maka paket Triple Play masih bisa dipindah dan digunakan lagi. Tetapi jika jaraknya melebihi 200 meter dari rumah lama, semuanya otomatis hangus.

Begitulah, jadi kesimpulan saya, sebelum memutuskan mengambil paket  Triple Play dari Telkom  yang ‘mengiurkan’ tersebut, tidak ada salahnya mencari informasi sedetailnya.
Selamat sore

_Solo, 2 Februari 2016_


Tidak ada komentar: